3 Masalah yang Sering Muncul Dalam Pengaplikasian Cat epoxy

Lantai yang di finishing dengan cat epoxy memang sangat indah, warna dan juga tampilannya bisa sangat bervariasi. Tanpa perawatan yang tepat beberapa masalah bisa saja muncul. Jika proses aplikasi cat epoxy salah maka permasalahan nantinya juga akan muncul dengan cepat. Maka untuk menciptakan epoxy lantai dibutuhkan keahlian profesional di bidangnya.

Tidak dapat dipungkiri banyak orang menggunakan cat epoxy untuk lantai mengingat harganya yang lebih murah. Disamping itu cat epoxy juga akan menciptakan lapisan yang sangat kuat pada lantai. Ketahanannya terhadap air menjadi keunggulan yang tidak dimiliki oleh bahan lantai lainnya.

Ketika penggunaan lantai epoxy sudah salah maka proteksi atau ketahanan terhadap air tidak akan bekerja dengan baik. Setelah cat epoxy diaplikasikan pada lantai maka akan sulit untuk dihilangkan. Dengan kata lain, Anda tidak bisa menggantinya kembali. Perlu diperhatikan bagaimana cara pengaplikasian yang tepat untuk mendapatkan hasil sempurna.

Masalah yang Sering Muncul Dalam Pengaplikasian Cat epoxy

Macam-Macam Masalah Penggunaan Cat Epoxy dan Cara Mengatasinya

Cat epoxy digunakan untuk tujuan jangka panjang dan tidak hanya rumah saja yang membutuhkan nya. Beberapa tempat seperti gudang pabrik dan supermarket yang heavy duty juga membutuhkan lantai dengan cat epoxy. Jika Anda berencana menggunakan lantai epoxy maka penting mengetahui masalah apa saja yang bisa muncul.

Beberapa masalah dengan penggunaan epoxy lantai bisa diatasi dengan mudah. Berikut ini beberapa permasalahan yang akan muncul dan cara mengatasinya.

  • Lantai yang mengelupas.

Alasan mengapa lantai epoxy mengelupas adalah faktor persiapan yang tidak benar atau kurang bersih. Suhu udara yang terlalu panas atau justru terlalu dingin. Maka siapkan lantai yang bersih dan perhatikan temperatur saat mengaplikasikannya.

  • Munculnya gelembung udara.

Gelembung udara akan muncul karena suhu udara terlalu dingin. Bisa juga karena terlalu banyak bahan yang diaplikasikan. Sebaiknya aduk larutan epoxy perlahan sehingga tidak mengeluarkan gelembung, kemudian aplikasikan tipis tipis saja namun berulang.

  • Warna yang tidak konsisten.

Jika warna pada lantai yang diaplikasikan terasa tidak rata maka artinya pada proses pengadukan warna tidak bercampur dengan merata. Sehingga minyak dan resin akan menimbulkan warna berbeda. Sebaiknya aduk benar-benar sebelum mengaplikasikannya pada lantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *