Cara Pemasangan Lantai Kayu Cepat dan Gampang

Cara Pemasangan Lantai Kayu

Lantai kayu pada saat ini sedang naik pamor, mengingat bahwa lantai yang satu ini memberikan keunikan tersendiri. Lantai yang satu ini mampu memberikan kesan hangat pada ruangan, apalagi jika Anda menyukai tampilan natural maka lantai ini sangatlah tepat. Penggunaan lantai dari kayu sendiri tidak terpatok pada desain minimalis atau alam saja, banyak tema desain interior lain yang cocok menggunakan lamtai ini.

Hal terpenting ketika ingin menggunakan lantai dari kayu adalah memasangnya. Cara pemasangan lantai kayu sebenarnya sangatlah mudah apabila Anda memahami tahap-tahapnya. Tindak seperti pemasangan lantai dari ubin, pemasangan lantai dari kayu sangat cepat serta tidak memakan biaya yang terlalu banyak. Selain itu, lantai dari kayu juga terhitung lebih murah.

Cara Pemasangan Lantai Kayu Mudah

Cara Pemasangan Lantai Kayu

Pada kenyataannya pemasangan lantai dari kayu sangatlah mudah. Hal paling sulit dari pemasangan lantai kayu adalah memasangnya dengan benar. Karena lantai ini harus dipasang satu persatu dengan memastikan bahwa lantai benar-benar sudah rekat. Berikut ini adalah cara memasang lantai dari kayu yang benar dan mudah:

1. Pelapisan foam

Cara pertama ketika akan memasang lantai kayu adalah melapisi lantai dengan foam khusu terlebih dahulu. Foam khusus ini biasanya dapat Anda dapatkan dari toko ataupun sudah sepaket dengan parket kayu. Pelapisan foam ini sendiri khusus untuk menahan uap dari bawah, sehingga ketika parket sudah dipasang maka akan terhindar dari lembab dan jamur. Pastikan Anda mendapatkan foam dengan jumlah yang cukup untuk ruangan yang akan dipasang parket.

2. Lekatkan foam dengan selotip

Dalam melakukan pelapisan foam untuk lantai kayu ini, Anda dapat menggunakan lakban atau selotip dalam penyambungannya. Pastikan bahwa setiap sambungan tertutup rapat. Seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya, bahwa foam ini untuk mencegah agar parket tetap awet dan tidak berjamur. Jika sudah terpasang semua, maka biarkan selama 1 hari.

3. Ukur luas ruangan

Selanjutnya hal yang paling penting ketika ingin memasang lantai dari kayu adalah dengan mengukur luas ruangannya. Mengukur luas ruangan sendiri bertujuan untuk mengetahui seberapa banyak parket yang harus digunakan. Walaupun harga lantai kayu terhitung lebih murah, namun terlalu berlebihan memesan juga akan membuang banyak biaya. Tidak hanya itu saja, dengan mengukur luas ruangan maka Anda juga akan mengetahui budget yang harus disediakan ketika ingin memasang lantai ini. Selain itu juga akan memudahkan Anda untuk memasang lantai dengan lebih rapi.

4. Memasang lantai

Jika sudah memastikan bahwa lantai yang ada cukup, maka selanjutnya tentu saja Anda harus memasang lantainya. Pemasangan lantai ini sendiri tergantung dari jenis lantai parket yang dipilih. Jika Anda menggunakan lantai yang memiliki sistem pemasangan klik, maka Anda tidak membutuhkan lem. Lantai dengan sistem klik ini mempunyai lubang pada sisi-sisinya. Sehingga ketika memasangnya, Anda hanya perlu memastikan bahwa lubang-lubang ini pas. Namun, untuk yang menggunakan lem, Anda harus lebih berhati-hati dan teliti agar semua bagian lantai telah rekat.

5. Rubber dan ketuk ketika melakukan pemasangan

Anda juga harus memasang rubber pada bagian parket yang menempel dengan dinding. Hal ini sendiri agar mencegah lantai lepas ataupun rusak. Ketika memasang lantai dari kayu ini, jangan lupa mengetuknya untuk memastikan lantai sudah menempel erat satu sama lain. Namun, Anda perlu hati-hati jangan sampai lantai rusak.

Itulah cara pemasangan lantai dari kayu yang benar dan mudah. Sudah dapat dipastikan bahwa lantai dari kayu memang memiliki kelebihan tersendiri. Apalagi harga lantai kayu termasuk lebih murah dibandingkan dengan lantai lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *