Inilah Kiat untuk Menjaga Keawetan Pintu Kaca

Kiat Menjaga Keawetan Pintu Kaca

Saat ini pintu kaca menjadi salah satu pilihan menarik. Hal tersebut karena bahan kaca memang bisa menghasilkan efek mewah, elegan, dan futuristik. Meskipun begitu, kamu harus lebih berkorban ketika merawatnya. Hal tersebut karena pintu berbahan kaca rentan terhadap permasalahan seperti pecah dan kotor. Untuk itu, artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai beberapa kiat jitu dalam menjaga keawetan pintu berbahan kaca.

Kiat Menjaga Keawetan Pintu Kaca

Kiat Menjaga Keawetan Pintu Kaca

Kaca memang bahan yang indah untuk digunakan namun cukup rentan terhadap beberapa permasalahan. Hal tersebut bisa terjadi jika pemilik rumah tidak menjaganya dengan benar. Sayangnya, para pemilik rumah justru memilih menyalahkan pabrikan dibandingkan dengan koreksi diri. Pasalnya, sebagus apa pun pintu berbahan kaca jika tidak dirawat dengan benar akan menimbulkan beberapa masalah. Untuk itu, inilah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam proses perawatan pintu kaca.

Pasang pintu di lokasi yang aman

Memasang pintu berbahan kaca tentu perlu perhatian ekstra. Salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah lokasi pemasangan. Jika kamu memasang pintu berbahan kaca di bagian yang berdekatan dengan jalan raya, sebaiknya pertimbangkan lagi hal tersebut. Karena kaca rentan terhadap pentalan batu kerikil dan suara yang bising. Selain itu, kaca juga akan mudah terkena kotoran dari luar.

Jika hal tersebut tidak bisa di hindari, kamu masih bisa menanam pohon di area dekat pintu berbahan kaca agar lebih teduh. Selain itu, kamu juga bisa memasang kanopi agar kaca tidak terkena panas dan hujan. Kamu juga bisa membuat pagar kecil agar kerikil tidak bisa terpental ke arah kaca.

Lapisi dengan stiker maupun kaca film

Solusi ini sangat berkaitan dengan sifat kaca yang transparan. Kamu bisa memasang stiker kaca agar cahaya yang masuk bisa terfilter. Selain itu, penggunaan stiker dan keca film juga akan membuat kaca lebih kuat.

Gunakan kusen yang memang benar peruntukannya

Untuk pintu berbahan kaca yang menggunakan kusen, sebaiknya hindari penggunaan kusen yang sembarangan karena akan membuat kaca mudah rusak. Jika ingin lebih menarik, kamu bisa menggunakan frame jenis frameless.

Bersihkan dengan benar permukaan kaca

Cara membersihkan kaca tidak sulit, namun perlu perhatian lebih. Hindari penggunaan benda tajam ketika proses membersihkan kaca karena akan membuat kaca mudah rusak. Selain itu, kamu juga harus berhati-hati karena kaca mudah tergores. Gunakanlah lap yang lembut dan dibantu dengan cairan pembersih kaca yang tepat agar kaca bisa lebih terlihat berkilau.

Pilihlah kaca yang memiliki kualitas baik

Menggunakan pintu berbahan kaca tentu menjadi pilihan yang baik. Namun, kamu jangan sembarangan dalam memilih pintu kaca karena akan berdampak kepada kekuatannya. Pilihlah bahan tempered glass yang terbaru agar kualitasnya bisa maksimal. Hindari penggunaan kaca yang sembarangan karena pintu berbahan kaca lebih sering bergerak bila dibandingkan dengan jendela.

Demikianlah artikel singkat mengenai kiat untuk menjaga keawetan pintu berbahan kaca. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam menjaga keawetannya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *