Komponen Rumah yang Bisa dibuat dari Kaca Tempered

Kaca tempered atau tempered glass adalah kaca berkualitas tinggi yang pembuatannya melalui proses pemanasan hingga 700 derajat celcius. Setelah ditempa dengan suhu yang tinggi, bahan kaca kemudian didinginkan secara cepat sehingga menghasilkan kaca dengan daya tahan yang tinggi. Saat ini tempered glass banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan karena kualitasnya yang jauh lebih baik daripada kaca. Bahkan kaca jenis ini juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan komponen rumah pada umumnya. Jika kamu tertarik menggunakan tempered glass di rumah, simak penjelasan berikut ini tentang komponen apa saja yang bisa menggunakan tempered glass.

Komponen Rumah yang Bisa dibuat dari Kaca Tempered

Sudah Teruji! Tempered Glass Bisa Digunakan Untuk 4 Komponen Rumah Ini!

Hampir di setiap rumah selalu ada saja komponen yang terbuat dari kaca. Namun, seringkali kaca yang digunakan masih kaca biasa yang tidak memiliki kualitas sebaik kaca tempered. Penggunakan tempered glass di rumah sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan beberapa komponen rumah tertentu, terutama yang memerlukan daya tahan kaca maksimal. Daripada terus-terusan penasaran, yuk ketahui 4 komponen rumah berikut ini yang bisa menggunakan tempered glass sebagai bahan pembuatnya.

Tempered Glass

1. Partisi

Partisi adalah pembatas antara ruangan satu dengan ruangan yang lainnya. Biasanya partisi dipasang di ruang tamu, ruang kerja, atau ruang makan. Bahan partisi yang banyak digunakan adalah kaca. Bila kamu menginginkan partisi yang awet dan tidak mudah rusak, kamu bisa gunakan tempered glass sebagai bahan partisi. Harganya mungkin akan sedikit lebih mahal daripada bahan kaca biasa. Tapi, soal kualitas, dijamin partisi dengan bahan tempered glass jauh lebih unggul. Makanya, saat pesan partisi kaca, pastikan bahan yang digunakan adalah tempered glass.

2. Pintu Kaca

Selama ini pintu identik dengan bahan kayu. Padahal, pintu juga bisa terbuat dari kaca. Biasanya, pintu kaca dimanfaatkan di dalam rumah, seperti sebagai pintu ruang kerja, pintu ruang makan, atau pintu kamar mandi. Bayangkan bila pintu terbuat dari bahan kaca biasa yang mudah pecah. Pasti sangat berbahaya, kan? Oleh karena itu, kini sudah banyak pintu kaca yang terbuat dari tempered glass. Bahan tersebut dipilih mengingat pintu adalah komponen rumah yang penggunaannya berisiko; bisa terbanting, terbentur, atau kena benda yang membahayakan kaca. Dengan berbahan tempered glass, kamu tidak perlu khawatir lagi pintu kaca mudah rusak.

3. Jendela

Kalau komponen rumah yang satu ini sih sudah pasti terbuat dari kaca, ya. Masalahnya, jendela itu tidak lepas dari ancaman lemparan benda keras dari luar, seperti bola atau batu. Agar jendela tahan terhadap ancaman seperti, kamu dapat mengakalinya dengan menggunakan tempered glass yang tidak mudah pecah. Bahan tersebut sangat direkomendasikan sebagai bahan jendela, sebab kekuatannya yang luar biasa. Kalaupun tempered glass pecah, serpihan pecahannya tidak akan membahayakan orang lain, sebab pecahannya berupa kristal tumpul yang aman untuk dipegang atau dibersihkan.

4. Kanopi

Kanopi adalah atap penutup yang biasa dipakai di teras atau garasi mobil. Kanopi berkontak langsung dengan udara bebas. Artinya, komponen rumah yang satu ini rentan terhadap ancaman hujan, panas, atau kejatuhan benda dari atas. Untuk mengantisipasi kerusakan kanopi yang tidak diinginkan, kamu bisa memesan kanopi dengan bahan tempered glass. Meskipun terkena hujan yang deras, panas yang menyengat, hingga kejatuhan benda keras dari atas, kaca ini bisa tahan dan aman. Selain penghuni rumah aman, barang-barang seperti motor atau mobil yang ada di teras garasi pun juga ikut aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *