Penggunaan Kaca Tempered Untuk Produksi Film

Penggunaan Kaca Tempered Untuk Produksi Film

Siapa di sini yang hobi nonton film? Bisa dipastikan hampir semua orang mengacungkan tangan. Tapi kamu tahu nggak, sih? Bahwa untuk bisa memproduksi sebuah film, dibutuhkan dana yang tidak main-main. Dana tersebut dibutuhkan untuk membiayai pembayaran kru, artis, dan juga penyediaan peralatan produksi serta material syuting seperti misalnya kostum dan kaca tempered untuk adegan action.

Biaya produksi film juga bukan hal yang kecil. Untuk film kelas A, biayanya bisa mencapai Bisa ratusan juta atau miliaran. Bahkan film-film Hollywood tidak jarang mengeluarkan dana produksi hingga triliunan rupiah. Namun demikian, bukan hanya masalah plot film, siapa pemain ataupun berapa biayanya. Menyimak beragam trik menarik yang dibuat tim produksi film juga sama serunya.

Misalnya untuk menekan biaya mengumpulkan orang saat ada adegan masal. Maka bisa digunakan efek grafis komputer, atau bahkan dengan manekin. Demikian juga dengan penggunaan saos atau syrup sebagai pengganti darah, dan lain sebagainya.

Salah satu material yang sering digunakan dalam sebuah film, adalah kaca. Kaca biasanya dilibatkan dalam setting tempat, ataupun material dalam sebuah adegan action. Inilah beberapa penggunaan kaca tempered pada produksi film.

Untuk Duplikasi Ruangan

Kalau kamu belum tahu, banyak produksi film Hollywood yang syutingnya di dalam studio. Walaupun kamu melihat mereka seperti berpindah-pindah tempat, pada dasarnya mereka hanya mengganti setting dan background di lokasi yang sama. Namun demikian, sering kali diperlukan menduplikasi interior tertentu untuk menciptakan adegan. Termasuk menyediakan material kaca tempered untuk membangun sebuah ruangan.

Harga pembuatan property shooting memang bukan hal yang murah. Sebut saja di Hollywood, pada saat produksi film Titanic tahun 1997. Diperlukan dana hingga 2,9 Triliun untuk memproduksinya. Demikian juga dengan membuat duplikasi ruangan dengan kaca jenis tempered. Jika harga kaca tempered 10mm sekitar 410.000 per m2, maka perlu uang berjuta-juta rupiah hanya untuk membuat duplikasi sebuah ruangan dengan kaca tempered 3 m2.

Untuk Adegan Memecahkan Partisi Atau Kaca Jendela

Pernah menyaksikan film aksi di mana pemerannya menembak kaca jendela atau menghancurkan kaca jendela dengan peralatan pemadam kebakaran untuk kabur? Adegan tembak-menembak dilakukan dengan properti yang aman. Serta kerap kali suara letusan senjata dan ledakan bom hanya didramatisir oleh sound effect.

Namun adegan menghancurkan jendela untuk kabur dengan palu atau peralatan pemadam kebakaran, dapat diciptakan dengan bantuan kaca jenis tempered yang cenderung sulit dipecahkan. Sehingga membuat adegan semakin tegang.

Lain halnya dengan adegan dimana pemainnya sering kali menerobos kaca jendela yang mudah sekali pecah. Pemainnya pun lolos dari pecahan kaca dengan aman. Adegan ini biasanya diambil menggunakan kaca buatan dengan menggunakan lapisan gula yang sekilas memang mirip sekali dengan kaca.

Maka tidak mengherankan kalau kaca-kaca jendela itu terlihat sangat mudah diterobos dan pemainnya juga aman-aman saja. Pintar sekali ya, para pembuat film itu?

Dalam Adegan Aksi Menggunakan Mobil

Hampir semua mobil saat ini menggunakan kaca jenis tempered glass. Hal ini berkaitan dengan keamanan dalam berkendara. Karena kaca jenis tempered termasuk jenis yang kuat dan sulit dipecahkan. Selain itu, pecahannya juga lebih aman karena tidak tajam.

Oleh karena itu, setiap adegan aksi yang melibatkan mobil, juga menggunakan kaca jenis tempered. Ada kalanya pecahan kaca disebarĀ  banyak-banyak di lantai atau jalanan, untuk menghasilkan efek dan dampak kekacauan dari aksi yang dilakukan oleh para pelakon utama.

Itulah beberapa penggunaan kaca tempered yang sering didapati dalam pembuatan film. Buat kamu yang bercita-cita mau jadi sutradara film, ada baiknya kamu juga mulai mengulik hal-hal lain yang berkaitan dengan propertii pembuatan film. Pasti seru banget deh bacanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *