Begini Tips Mudah Dalam Memasang Kawat Harmonica

Tips Mudah Memasang Kawat Harmonica

Mungkin masih banyak yang merasa asing ketika mendengar kawat harmonica atau sering disebut juga dengan kawat wajik. Untuk itulah, sebelum kami membahas tentang cara memasang kawat tersebut, ada baiknya ketahui dahulu apa itu kawat wajik. Jadi, kawat wajik itu merupakan sebuah kawat besi berjenis galvanis yang dianyam menggunakan mesin khusus. Teknik pembuatannya pun khusus, bentuknya seperti motif lingkaran. Namun ada pula yang seperti jarring laba-laba. Kawat wajik seringkali di aplikasikan pada pembatas halaman, tanah, lapangan futsal, lapangan parkir, lapangan tenis, kandang hewan dan sebagainya.

3 Langkah Memasang Kawat Harmonica

Mengingat harga kawat harmonica ekonomis dan memiliki banyak fungsi, saat ini kawat jenis tersebut sering dijadikan pilihan untuk areal yang butuh sekat pembatas. Terdapat 2 jenis kawat wajik yang tersedia di pasaran, yaitu kawat yang dilapisi PVC dan kawat yang yang terbuat dari bahan galvanis. Kawat yang dilapisi PVC ini tahan korosi, anti karat dan juga anti panas. Sama seperti kawat yang dilapisi PVC, kawat Galvanis ini pun cukup kokoh dan bahkan lebih banyak beredar di pasaran. Langsung saja, berikut cara pemasangannya:

1. Melakukan pengukuran tanah atau bangunan

Sebelum melakukan pemasangan kawat wajik, kalian harus mengukur panjang tanah serta bangunan terlebih dahulu. Dalam pengukuran hendaknya yang teliti, karena ketika tidak sesuai ukurannya maka kawat wajik tidak akan terpasang dengan baik. Pertama-tama, kalian harus menentukan dahulu titik tanamnya terlebih dahulu. Kemudian usahakan pula titik tanamnya sesuai dengan pembagian tanah. Sehingga ketika kawat wajik sudah terpasang tidak akan terlihat aneh.

2. Melakukan pengecoran tiang

Langkah kedua dalam pemasangan kawat harmonica yaitu, melakukan pengecoran tiang. Pengecoran tiang ini dilakukan untuk memperkokoh pagar kawat wajik yang akan dipasang. Sehingga kawat tidak mudah roboh meski terkena benturan yang cukup kuat. Setelah dicor, barulah kalian membentangkan kawat wajiknya. Untuk proses pengecoran, kalian harus mengetahui komposisi bahan yang akan digunakan. Sehingga hasil cor-corannya kuat dan dapat dijadikan pegangan bagi kawat wajik.

3. Mengikat kawat wajik

Pada langkah ketiga ini kalian harus mengikat kawat wajik di masing-masing pojoknya ke tiang yang sudah tersedia. Pastikan tiang sudah dicor dengan kuat. Sehingga tiang tersebut dapat dijadikan pondasi yang cukup kuat. Pengikatan dilakukan pada sekeliling kawat wajik, kemudian dibaut di tiang BRC-nya. Jika pemasangannya sudah selesai, kalian harus mencoba dorong kawat wajik untuk mengetahui kekuatannya. Jika dirasa kurang kencang, maka kalian dapat menambahkan behel untuk isi bingkai dan juga penyangganya.

4. Lakukan pengecatan pada kawat wajik

Sebenarnya langkah keempat ini dapat kalian lakukan atau tidak, semuanya tergantung dari kebutuhan. Jika kalian ingin menyesuaikan warna kawat dengan bangunan, maka cat lah kawat sesuai dengan warna bangunan. Dengan pengecatan maka tampilan akan lebih menarik dan elegan.

Sekian langkah pemasangan kawat wajik yang harus kalian lakukan. Tenang saja, karena pemasangan kawat wajik ini tidak perlu seseorang yang profesional. Hanya dengan berbekal pengetahuan umum yang diambil dari internet, kawat wajik pun dapat terpasang dengan kokoh. Bagaimana dengan harga kawat harmonica? Kalian dapat membuktikan sendiri bahwa harga dari kawat tersebut tidak mahal. Itulah mengapa banyak orang yang memilih kawat wajik untuk memenuhi kebutuhan. Selain memiliki harga yang ekonomis, kawat wajik pun dijamin tampak minimalis, kuat terhadap karat dan lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *